Sosialiasi Dokumentasi Dijital Virtual Reality Masjid Pathok Negoro Wonokromo
Abstrak
Melalui kegiatan pengabdian ini, telah dilakukan sosialisasi dokumentasi dijital terhadap warga masyarakat di masjid Pathok Negoro Wonokromo. Kemudian selanjutnya dilakukan tayangan dokumentasi dijital Virtual Reality dan pengisian kuesioner oleh 67 warga sebagai penilaian dan evaluasi sosialisasi dokumentasi dijital masjid Pathok Negoro Wonokromo. Hasil kuesioner menunjukkan informasi bahwa mayoritas masyarakat telah mengenal masjid Pathok Negoro Wonokromo sejak kecil dan menyetujui bahwa masjid Pathok Negoro Wonokromo merupakan identitas masyarakat Islam, masyarakat Jawa, serta merupakan simbol kejayaan Kasultanan Yogyakarta. Masyarakat juga menyetujui bahwa melalui dokumentasi dijital yang ditayangkan telah memberikan informasi tentang kekayaan budaya dan sejarah Masjid Pathok Negoro Wonokromo. Namun, masyarakat menilai bahwa bagian detil bangunan, warna, dan detil mimbar pada dokumentasi dijital yang ditayangkan perlu disesuaikan lagi dengan kondisi masjid Pathok Negoro Wonokromo. Selain itu, hasil kuesioner juga menunjukkan bahwa masyarakat tidak menyetujui jika bentuk masjid Pathok Negoro diubah menjadi bentuk masjid modern.
Referensi
Campbell, S. (2017). A Rift in Our Practices?: Toward Preserving Virtual Reality. MSc thesis. ABA Journal, 102(4), 24–25. http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/14639947.2011.564813%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/15426432.2015.1080605%0Ahttps://doi.org/10.1080/15426432.2015.1080605%0Ahttp://heinonline.org/HOL/Page?handle=hein.journals/abaj102&div=144&start_page=26&collectio
Deggim, S., Kersten, T. P., Tschirschwitz, F., & Hinrichsen, N. (2017). Segeberg 1600-reconstructing a historic town for virtual reality visualisation as an immersive experience. International Archives of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences - ISPRS Archives, 42(2W8), 87–94. https://doi.org/10.5194/isprs-archives-XLII-2-W8-87-2017
Ghadban, S., Hassan, R., Aboudi, O., & Khateeb, Y. (2013). The development of an interactive virtual environment for hisham palace in jericho, palestine. Archnet-IJAR, 7(2), 118–135. https://doi.org/10.26687/archnet-ijar.v7i2.159
Grigore Burdea, & Coiffet, P. (2017). Virtual Reality Technology 2nd ed (Originally). Originally published: Hoboken, N.J. : Wiley-Intersciene, 2003.
Guttentag, D. A. (2010). Virtual reality: Applications and implications for tourism. Tourism Management, 31(5), 637–651. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2009.07.003
Kristine Løwe. (2016). Using Virtual Reality for peace, planning and preservation. Online. https://www.nmbu.no/en/news/node/28753
Mihelj, M., Novak, D., & Beguš, S. (2014). Virtual Reality Technology and Applications. In Intelligent Systems, Control and Automation: Science and Engineering (Vol. 68).
Ohannessian, K. (2015). Oculus Rift’s PC Requirements Are Virtual Reality’s Achilles’ Heel. Www.Fastcompany.Com. https://www.fastcompany.com/3046376/oculus-rifts-pc-requirements-are-virtual-realitys-achilles-heel
Yang, W. B., Yen, Y. N., & Cheng, H. M. (2015). Digitalized preservation and presentation of historical building-taking traditional temples and dougong as examples. ISPRS Annals of the Photogrammetry, Remote Sensing and Spatial Information Sciences, 2(5W3), 371–376. https://doi.org/10.5194/isprsannals-II-5-W3-371-2015